PULAU SELIMPAI PALOH


Kawasan Pantai Selimpai Paloh merupakan salah satu kawasan konservasi yang terdapat di Kalimantan Barat dengan nama Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing.
Mengenai pantai Selimpai, anda bisa menemukannya di desa Sebubus Kec. Paloh kabupaten sambas ( kurang lebih 7 km dari ibukota kecamatan dan 45 km utara kota Sambas ). Pantai ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam ( Sambas – Paloh ), kemudian menyebrangi sungai Paloh menggunakan Spead boat atau Perahu Motor sekitar 30 menit. Pantai ini merupakan tanjung atau bagian daratannya menjorok ke arah laut, antara sisi garis laut dan bibir sungai jaraknya hanya selebar lapangan besar. Keunikan akan anda temukan pada bagian ini, anda akan melihat bibir pantai yang menghadap ke sungai, dan bibir pantai yang menghadap ke laut dan bagian lainnya. Bila kita berada di dekat area tersebut, pasti akan terlihat ombak natuna yang saling bergulung-gulung.
Tempat yang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan, jika sedang berpergian di Sambas, Kalimantan Barat. Tidaklah berlebihan jika Pantai Selimpai merupakan pantai eksotis yang pernah dimiliki oleh wilayah sebelah utara Kalimantan Barat. Bentuk pantai yang unik (merupakan Tanjung, bagian daratan yang menjorok ke laut), serta memiliki tipe vegetasi dan fauna yang jarang ditemukan di pantai lain di Kalimantan Barat.
Bentuk Tanjung Selimpai memanjang. Antara sisi di bibir sungai dan garis laut hanya selebar lapangan bola. Bila kita berdiri di sebelah sungai, akan terlihat ombak Laut Natuna yang saling berkejaran. Hanya di Pantai ini kita bisa melihat bibir pantai yang menghadap ke laut dan bagian lain, ada bibir pantai yang menghadap ke sungai.
3
Seperti sebuah pulau, Selimpai terpisah dengan daratan Kabupaten Sambas. Sisi selatannya hingga ke bagian barat berbatasan dengan laut Natuna, sedangkan di sisi utaranya membentang ke timur di kepung oleh Sungai Merabau. Makanya setiap mereka yang mampir ke sini, akan menjumpai aneka pemandangan; ada hutan pinus, pantai, laut dan sungai. Dari kejauhan terlihat Tanjung Datuk, yang merupakan kawasan berbatasan Malaysia.
7
Pasir putih yang landai dan pohon pinus yang tinggi menjulang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Selimpai, Paloh.  Pasirnya yang bersih tak kalah dengan Pantai Kuta, Bali. Selain itu keberadaan hutan Pinus di lahan selimpai membuat suasana di pulau mini ini berbeda dengan pantai lainnya di Kabupaten Sambas. Pohon berkayu yang menjulang tinggi tersebut tertata rapi seakan ada yang sengaja menatanya sedemikian rupa padahal semua itu terjadi secara alami. Perpaduan pohon cemara dan rumput hijau (tingginya semata kaki) merupakan panorama yang menambah sejuk pemandangan.
SAMSUNG DIGITAL CAMERA


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 8/15/2015 05:33:00 am

ARTIKEL TERPOPULER